tubanku sekolahku masadepanku

Senin, 27 April 2009

OLEH-OLEH KHAS TUBAN

Tuban kota kecil yang terletak di jalur pantai utara ini memiliki keunggulan di sumber daya lautnya. Oleh karena itu jika anda berkunjung ke Kabupaten Tuban belum lengkap tanpa membawa buah tangan untuk handai taulan. Berbagai pilihan buah tangan khas tuban dapat dengan mudah didapat. Oleh-oleh khas tuban tiak jauh dari hasil lautnya. Seperti beberapa contoh berikut ini:
trasi
1. Terasi. . . . mungkin jenis oleh-oleh ini bisa kita dapat dimanapun tanpa harus berkunjung ke kabupaten Tuban. Tetapi anda salah, terasi yang dibuat oleh perusahaan di tuban memiliki kualitas terasi yang terbaik hal itu dapat dibuktikan dengan mencicipinya, tentunya dalam bentuk makanan yang sudah matang.

2. Kecap Laron. . . . bagi anda penggemar Kecap sejati, pasti tidak asing dengan nama kecap laron. Kecap ini sudah terkenal sebagai kecal asli Tuban yang memilki kelezatan istimewa. Dibuat menggunakan kedelai pilihan dan gula aren istimewa menjadikan rasanya benar-benar lain dari kecap yang banyak tersedia dipasaran.

siwalan
3. Buah Siwalan. . . . buah dengan tekstur kenyal dan tinggi serat, dapat digunakan sebagai bahan tambahan dalam pembuatan es. Mengkonsumsi buah ini si siang hari memberikan sensasi sejuk dan melegakan. Buah siwalan banyak terdapat dikabupaten tuban karena memang tumbuhan siwalan banyak tumbuh disini.

krupuk udang
4. Krupuk Ikan. . . . .berbagai jenis krupuk ikan dapat kita jumpai disini. Ada krupuk ikan tengiri. Krupuk udang dll. Tentunya dengan kerenyahan dan rasa lautnya yang tidak ketinggalan.

Photobucket
5. Gerih atau ikan asin. . . . Tuban sangat terkenal dengan hasil tangkapan lautnya. Mulai dari berbagai jenis ikan, eby, rebon, cumi. Semua jenis ikan tersebut selain dijual dalam bentuk segar juga dijual dalam bentuk ikan yang telah dikeringkan. Oleh-oleh jenis ini juga cocok untuk anda yang bertempat tinggal di daerah yang jauh dari laut.

legen
6. Minuman Legen. . . . minuman yang segar ini juga dapat digunakan sebagai oleh-oleh tetapi hati-hati dalam pengemasannya. Selain itu minuman legen yang asli jg cepat berubah rasa untuk itu untuk anda yang akan menempuh perjalanan lebih dari 1 ghari sebaiknya memilih jenis oleh-oleh yang lain.
Itulah beberapa oleh-oleh yang bisa anda dapatkan jika berkunjung dikabupaten tuban.
Enjoy ur visiting. . . .

2 komentar:

~Erch~ mengatakan...

Terasi Tuban paling yahudd pokoknya...

apalagi sambal petisnya....wah dadi kangen omah cak :D

koko' (Tuban Jatim) mengatakan...

iya om,..,enak puol,.,
emg sampeyan omahe tuban yakk???

This Blog Supported By: Photobucket
welcome to the tuban-jatim.blogspot.com.....this blog contain many information about tuban...enjoy your visiting....(for more great result please use mozzila firefox browser)
Template by : koko (koko-fuxer.blogspot.com)