tubanku sekolahku masadepanku

Sabtu, 18 April 2009

Batik gedog


Nama batik mungkin sudah tidak asing lagi di telinga anda, batik adalah seni ukiran tangan yang dilewatkan pada sebuah kain sehingga menjadi sebuah karya seni ang sangat menarik dan indah. Akan tetapi taukah anda batik khas kabupaten kota tuban??
Batik ini adalah batik Gedog.

Batik gedog ialah batik khas buatan kabupaten tuban. Batik yang terkenal akan kecantikanya ini memiliki keunikan tersendiri, yaitu dengan cara pembuatan tradisional.
Banyak para wanita desa kabupaten tuban menjadi penenun kerajinan ini. Salah satunya ialah sumirah, warga kecamatan kerek ini telah menjalani pekerjaan ini berpuluh- puluh tahun.
Batik gedog sendiri telah lama menjadi kerajinan tangan khas tuban, diperkirakan semenjak bangsa belanda menjajah Indonesia hingga sekarang.
Selain sangat menarik para seniman, batik gedog juga sangat disukai oleh berbagai lapisan masyrakat. Mulai dari orang bawah hingga yang memiliki kedudukan.
Bahkan presiden SBY saat berkunjung di kabupaten tuban juga menyempatkan untuk melihat cantiknya keindahan batik gedog khas buatan kabupaten tuban ini.

Mari lestarikan budaya Indonesia!!!

2 komentar:

Woodpecker mengatakan...

salut deh buat pembuat blog ini atas dedikasinya memuat serba-serbi kota tuban...
dah datang langsung blum ke pembuat batik gedognya???saya sudah lho.hehehehe....
btw,batik gedog tuban udah dipatenkan pke hak cipta blum ya?
dtunggu jawabannya....

koko' (Tuban Jatim) mengatakan...

maaf mr woodpecker belum sempat jwab pertanyaanya,sibuk UN.
setau saya sih masih belum dipatenkan bang,,.,.
mw cari batik gedog t bang???

This Blog Supported By: Photobucket
welcome to the tuban-jatim.blogspot.com.....this blog contain many information about tuban...enjoy your visiting....(for more great result please use mozzila firefox browser)
Template by : koko (koko-fuxer.blogspot.com)