tubanku sekolahku masadepanku

Minggu, 05 April 2009

Kenapa kita selalu merasa malas untuk belajar?

Belajar adalah kewajiban kita sebagai seorang murid. Akan tetapi mengapa sebagian dari kita merasa sangat malas untuk belajar???
Mungkin tidak semua merasakan hal ini, akan tetapi banyak siswa yang mengeluh akan malasnya belajar, termasuk saya sendiri…hehehe
Tapi, apakah anda tahu kalau kita membiarkan hal ini terus-menerus melanda kita, bisa jadi bahaya???(gak segitunya kali)
Benar, mungkin anda sekarang masih belum merasakan dampak buruk dari kegiatan bermalas- malasan kita.
Akan tetapi anda akan merasakan saat anda beranjak tua nanti. Selain menjadikan kita insan yang tidak berguna bagi bangsa,bermalas- malasan juga dapat memperburuk masa depan kita menuju kunci sukses,…
Lebih dari 60% orang Indonesia gagal karena kemalasan mereka.

Tapi kenapa kita bisa merasakan hal ini??
Banyak faktor yang menyebabkan kita menjadi malas belajar,..
Mungkin sejak kecil kita sudah memiliki sifat pemalas,…
Atau mungkin karena faktor lain, misalnya kita telah jenuh,capek,bosan atau apapun yang membuat kita menjadi tidak mood untuk belajar.
Apapun itu, jangan sampai kita biarkan begitu saja.
Lalu bagaimana cara kita agar kita tidak malas untuk belajar???
Banyak cara yang bisa kita lakukan agar kita menjadi bersemangat untuk belajar….
1. Belajarlah dengan kondisi yang paling anda sukai.
Maksudnya adalah jika anda belajar cobalah untuk membuat menyenangkan aktifitas belajar anda, mungkin dengan mendengarkan sedikit musik, atau dengan sedikit cemilan pengiring belajar, sehingga membuat anda tidak mudah jenuh dalam belajar. Atau apapun yang bisa membuat anda melupakan akan kemasalan anda.
2. Belajarlah sesuatu yang paling anda senangi.
Maksudnya adalah belajar salah satu bidang study yang paling anda senangi dan tidak akan membuat anda menjadi bosan, entah itu matematika atau biologi apapun itu jika memang pelajaran favorit anda pasti anda tidak mudah bosan.
3. Niatkan diri anda untuk benar- benar ingin belajar dan mengubah sifat anda selama ini.
Ini yang paling penting, maksudnya adalah anda harus benar- benar berniat untuk belajar, dan tidak ingin bermalas- malasan lagi. mungkin anda berikan sedikit ketakutan agar anda lebih termotivasi untuk belajar,tidak lulus uanlah atau tidak lolos snmptn atau tidak naik kelas, atau apapun juga yang bisa membuat anda lebih termotivasi. karena anda tidak akan bisa tanpa niat yang kuat.
4. Rileksasikan diri anda jika anda mulai jenuh saat belajar.
Maksudnya adalah saat anda telah merasa lelah atau jenuh, anda harus berhenti sejenak agar anda tidak semakin bosan akan belajar. Mungkin bisa anda selingi dengan sedikit kegiatan yang paling anda gemari, tapi ingat pastikan agar anda untuk kembali belajar lagi,berikan sikap disiplin pada diri anda.

Selain contoh diatas masih banyak contoh- contoh lain lagi yang bisa anda terapkan pada diri anda.
Demikian sedikit masukan dari saya,semoga bermanfaat bagi anda..
Salam pemuda tuban!!…
Kunci sukses ada di tangan kita.
“orang pintar belum tentu sukses, dan orang sukses belum tentu pintar…orang sukses ialah orang yang mau bekerja keras dan tidak mudah putus asa dalam menghadapi cobaan hidup”…^_^

1 komentar:

ienx mengatakan...

belajar tu pekerjaan yang nge bosenin
bahkan sangat nge bosenin,,,

tapi sbagai pelajar q harus belajar karna q butuh belajar,,.,

This Blog Supported By: Photobucket
welcome to the tuban-jatim.blogspot.com.....this blog contain many information about tuban...enjoy your visiting....(for more great result please use mozzila firefox browser)
Template by : koko (koko-fuxer.blogspot.com)